Total Tayangan Halaman

Selasa, 04 Juni 2013

Sesat Pikir kah?

Tulisan kali ini berangkat dari ketidaknyamanan sy akan hal yg 'baru' bagi saya.

Sore ini, 6 Juni 2013, saya bersama beberapa teman kajian main ke FIB untuk liat seminar yang sedang dilangsungkan di sana.

Menarik.

Lucu.

Kocak.

Seperti menemui dunia dan pemikiran baru. Mungkin karena saya terlampau nyaman dengan pemikiran orang-orang yang cukup homogen di sekitar saya. Atau malah apatis? wkwkwk.. Mbohlah.. :D


***

Pelajaran yang saya dapat hari ini adalah...
1. Yah, jangan ngambil risiko lah kalau mau jadi pembicara tapi belom mumpuni. Ngelmu dululah baru banyak spik. Bukankah akan ada pertanggungjawaban atas apa yang kita katakan? :')
2. Kalo ngomong ntu mesti banget pake landasan yang jelas. Landasan yang legal dan dapat dipertanggungjawabkan. Jangan menclamencle. Ngomong di ranah publik wooy!
3. Jadi orang populis mah gampang. Sok2 out of the box aja mikirnya. Padahal 'akar'nya ga paham.. :p

agak esmosi sayaa.. XD

***

Yang jelas, banyak skali pemikiran di luar sana yang jauh dari pemikiran kita. Belum tentu pemikiran orang-orang di luar sana adalah pemikiran yang tepat. Tapi ga menjamin juga pemikiran kita adalah pemikiran yang tepat. Intinya, BELAJARLAAAH!

Belajar pada orang yang tepat.

Beajar pada ahlinya.

Bukan pada orang yang ga ngelmu.

Karena ilmu bukan lelucon. Karena agama adalah suatu yang sakral. Bukan bahan cemoohan. Bukan bahan debat kusir.

Yuk marii.. Kita...
*Perbanyak membaca.
*Perbanyak berdo'a agar dituntun ke jalan yg tepat. (teori 1.6, Al-Fatihah ayat 6)

***

Terlepas dari kegalauan saya tentang Ilmu, layaknya Al Ghazali yang pernah galau dalam masanya, saya mau mempertanyakan ini saat seminar tadi:
1. Apa makna dan konsep agama dalam pandangan Bapak2 sekalian?
2. Apa sumber atau dalil yang sah dan penafsiran yang tepat mengenai dalil yang Bapak sampaikan tadi?

***

Mari tak hanya gunakan indera dalam berpikir dan merenung. Mari coba libatkan akal dan hati. Libatkan wahyu. Ini poinnya. Bersenandunglah dengan wahyu. Jangan asal jeplak! :p


#esmosi, mari berwudhu :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar